Senin, 14 Agustus 2017

PANJANG DAN PENDEK


Halo Semuanya ... disini saya akan berbagi ilmu bersama kamu semua mengenai permainan edukatif. Anak – anak suka bermain, dan permainan menjadi salah satu cara paling efisien bagi mereka untuk belajar. Namun, jika anak mengalami suatu jenis disabilitas, belajar dapat menjadi sesuatu yang lebih sulit serta membutuhkan lebih banyak waktu maupun latihan demi menyelesaikan tugasnya. Cara apa yang lebih baik untuk mengajari atau mendidik anak selain melalui permainan menarik, sederhana, dan yang telah diadaptasi secara khusus. Berikut permainan edukatif bagi anak berkebutuhan khusus.

Panjang dan Pendek
Tujuan              : Mengembangkan kemampuan mendengar
Usia                 : Untuk semua usia
Pengecualian    : Anak – anak berpendengaran lemah
Bahan              : Tiga tongkat panjang, tiga tongkat pendek, satu simbal
Sasaran           : Pendengaran, menyadari waktu

Cara Bermain:
1.    Pemain diminta untuk mendengarkan tiga suara yang dimainkan oleh pemimpin dan menentukan pajangnya.
2.    Pemimpin memainkan simbal dan membiarkan simbal bergetar untuk suara panjang. Untuk suara pendek, pemimpin menghentikan getaran simbal dengan tangannya.
3.    Kemudian, para pemain harus memilih tongkat sesuai dengan panjang  suara yang mereka dengar
4.    Permainan berakhir ketika semua pemain memahami makna suara panjang dan pendek.

Variasi : Jumlah tongkat dapat ditambah sesuai kemampuan dan usia pemain

Catatan: Alat musik dengan titinada tinggi, seperti simbal kecil atau triangle, dan/ atau alat musik dengan titinada rendah, seperti drum, sering kali dapat didengar oleh anak – anak berpendengaran lemah

Sumber: Hanko, Johanne. 2012. 100 Permainan Edukatif untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Bhuana Ilmu Komputer

Demikian salah satu permaian edukatif bagi anak berkebutuhan khusus. Ada permainan edukatif yang lainnya juga lho.. namanya “Raja dan Pencuri”. Silahkan Cek disini!!

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net