Selasa, 22 Agustus 2017

SEKARANG GILIRANKU



Halo Semuanya ... disini saya akan berbagi ilmu bersama kamu semua mengenai permainan edukatif. Anak – anak suka bermain, dan permainan menjadi salah satu cara paling efisien bagi mereka untuk belajar. Namun, jika anak mengalami suatu jenis disabilitas, belajar dapat menjadi sesuatu yang lebih sulit serta membutuhkan lebih banyak waktu maupun latihan demi menyelesaikan tugasnya. Cara apa yang lebih baik untuk mengajari atau mendidik anak selain melalui permainan menarik, sederhana, dan yang telah diadaptasi secara khusus. Berikut permainan edukatif bagi anak berkebutuhan khusus.

Sekarang Giliranku
Tujuan              : Mengembangkan kemampuan mendengar
Usia                 : Untuk pemain semua usia
Pengecualian    : Anak – anak berpendengaran lemah.
Bahan              : Alat musik
Sasaran           : Pendengaran, membedakan sesuatu, sosialisasi, pengendalian diri.

Cara Bermain:
1.    Setiap pemain diminta berpasangan dengan pemain lain.
2.    Setiap pemain memilih satu alat musik (semuanya harus berbeda), lalu salah satu anggota tim bersembunyi di sudut ruang aktivitas yang berbeda agar tidak terlihat oleh pasangannya.
3.    Semua pemain yang memegang alat musik diminta memainkan alat musiknya secara bersamaan tetapi dengan lagu yang berbeda – beda.
4.    Rekan setim mereka hanya boleh bergerak begitu mendengar alat musik rekan mereka dan berhenti ketika lagunya berhenti. Ketika keduanya bertemu, mereka bertukar peran.
5.    Permainan berakhir ketika semua pemain sudah mendapat giliran memainkan alat musik.

Catatan : Jika tidak ada tempat untuk bersembunyi, Anda dapat menggunakan penutup mata.

Sumber: Hanko, Johanne. 2012. 100 Permainan Edukatif untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Bhuana Ilmu Komputer

Demikian salah satu permaian edukatif bagi anak berkebutuhan khusus. Ada permainan edukatif yang lainnya juga lho.. namanya “Suara Aneh Apa Itu?”. Silahkan Cek disini!!

2 komentar:

  1. Wah terima kasih sangat bermanfaat.. Permainannya sangat recomended diterapkan dan sasaran permainannya melibatkan banyak cakupan :)

    BalasHapus
  2. Wah terima kasih sangat bermanfaat.. Permainannya sangat recomended diterapkan dan sasaran permainannya melibatkan banyak cakupan :)

    BalasHapus

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net