Selasa, 15 Agustus 2017

RAJA DAN PENCURI




Halo Semuanya ... disini saya akan berbagi ilmu bersama kamu semua mengenai permainan edukatif. Anak – anak suka bermain, dan permainan menjadi salah satu cara paling efisien bagi mereka untuk belajar. Namun, jika anak mengalami suatu jenis disabilitas, belajar dapat menjadi sesuatu yang lebih sulit serta membutuhkan lebih banyak waktu maupun latihan demi menyelesaikan tugasnya. Cara apa yang lebih baik untuk mengajari atau mendidik anak selain melalui permainan menarik, sederhana, dan yang telah diadaptasi secara khusus. Berikut permainan edukatif bagi anak berkebutuhan khusus.

Raja dan Pencuri
Tujuan              : Mengembangkan kemampuan mendengar
Usia                 : Untuk semua usia
Pengecualian    : Anak – anak berpendengaran lemah
Bahan              : Penutup mata, kerincingan
Sasaran           : Pendengaran, sosialisasi, orientasi spasial, pengendalian tubuh

Cara Bermain:
1.    Para pemain duduk membentuk lingkaran
2.    Salah satu pemain dipilih sebagai Raja Kesunyian. Matanya ditutup dan kerincingan diletakan didekat kakinya.
3.    Pemimpin menunjuk seorang pemain (yang akan menjadi pencuri) yang akan mencoba mencuri harta (kerincingan) tanpa menimbulkan suara.
4.    Sang raja harus mencoba menangkap si pencuri dengan memegangnya. Ketika sang raja berhasil menemukan si pencuri, si pencuri berganti peran menjadi sang raja.
5.    Permainan berakhir ketika semua pemain telah mendapat giliran menjadi raja dan pencuri.

Sumber: Hanko, Johanne. 2012. 100 Permainan Edukatif untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Bhuana Ilmu Komputer

Demikian salah satu permaian edukatif bagi anak berkebutuhan khusus. Ada permainan edukatif yang lainnya juga lho.. namanya “Kucing dan Tikus”. Silahkan Cek disini!!

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net