Minggu, 27 Agustus 2017

SUARA KUNCI


Halo Semuanya ... disini saya akan berbagi ilmu bersama kamu semua mengenai permainan edukatif. Anak – anak suka bermain, dan permainan menjadi salah satu cara paling efisien bagi mereka untuk belajar. Namun, jika anak mengalami suatu jenis disabilitas, belajar dapat menjadi sesuatu yang lebih sulit serta membutuhkan lebih banyak waktu maupun latihan demi menyelesaikan tugasnya. Cara apa yang lebih baik untuk mengajari atau mendidik anak selain melalui permainan menarik, sederhana, dan yang telah diadaptasi secara khusus. Berikut permainan edukatif bagi anak berkebutuhan khusus.

Suara Kunci
Tujuan             : Mengembangkan kemampuan mendengar
Usia                 : Untuk pemain semua usia.
Pengecualian    : Tidak ada.
Bahan              : Beberapa alat musik yang berbeda.
Sasaran           : Pendengaran, observasi, pengendalian diri.

Cara Bermain:
1.    Para pemain berdiri menghadap pemimpin.
2.    Pemimpin menghadap para pemain dan membawa dua alat musik yang berbeda.
3.    Pemimpin telah menentukan salah satu dari kedua alat musik ini sebagai “suara kunci” rahasianya.
4.    Setelah mendengar (atau melihat) suara kuci ini dimainkan, barulah pemain dapat memenuhi permintaan yang  diasosiasikan dengan suara kunci. Sebagai contohnya, misal kedua alat musik itu adalah drum dan bel. Bel telah ditentukan sebagai suara kunci.
5.    Pemimpin membunyikan bel diikuti dengan permintaan untuk “angkat tangan”; para pemain harus mematuhinya.
6.    Pemimpin membunyikan bel lagi dan berkata angkat satu kaki; para pemain mematuhinya.Pemimpin  membunyikan drum dan berkata “lompat”; pemain tidak boleh bergerak. (Penalti dapat diberikan kepada mereka yang bergerak tanpa suara kunci yang tepat).
7.    Pemain yang memahami permainan ini dengan baik dapat bergantian menjadi pemimpin.
8.    Permainan berakhir ketika semua pemain telah mendapat giliran memimpin permainan.

Variasi 1: Sama seperti di atas, tetapi dengan lebih dari dua alat.
Variasi 2: Sama dengan di atas, tetapi tanpa melihat alat.
Variasi 3: sama seperti di atas,tetapi menggunakan alat musik tonal, dimana nada tertentu akan ditentukan sebagai suara kunci. Dalam hal ini, bagi pemain yang lebih tua, gunakan interval yang jauh lalu perlahan menguranginya.

Catatan : Alat musik dengan titinada tinggi, seperti simbal kecil atau triangle, dan/ atau alat musik dengan titinada rendah, seperti drum, sering kali dapat didengar oleh anak – anak berpendengaran lemah.

Sumber: Hanko, Johanne. 2012. 100 Permainan Edukatif untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Bhuana Ilmu Komputer

Demikian salah satu permaian edukatif bagi anak berkebutuhan khusus. Ada permainan edukatif yang lainnya juga lho.. namanya “Membingungkan Si Penyanyi”. Silahkan Cek disini!!

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net