Sabtu, 19 Agustus 2017

SIMPAI MUSIK



Halo Semuanya ... disini saya akan berbagi ilmu bersama kamu semua mengenai permainan edukatif. Anak – anak suka bermain, dan permainan menjadi salah satu cara paling efisien bagi mereka untuk belajar. Namun, jika anak mengalami suatu jenis disabilitas, belajar dapat menjadi sesuatu yang lebih sulit serta membutuhkan lebih banyak waktu maupun latihan demi menyelesaikan tugasnya. Cara apa yang lebih baik untuk mengajari atau mendidik anak selain melalui permainan menarik, sederhana, dan yang telah diadaptasi secara khusus. Berikut permainan edukatif bagi anak berkebutuhan khusus.

Simpai Musik
Tujuan              : Mengembangkan kemampuan mendengar
Usia                 : Untuk pemain semua usia
Pengecualian    : Tidak ada (untuk anak – anak berpendengaran lemah, musik rok dengan volume yang tinggi dapat didengar atau dirasakan)
Bahan              : Simpai plastik besar (bisa diganti dengan kursi, bantal, dsb), pemutar CD, CD.
Sasaran           : Pendengaran, pengendalian gerakan tubuh, sosialisasi

Cara Bermain:
1.    Diruang aktivitas, sebarlah simpai plastik yang cukup besar sehingga pemain dapat berdiri atau duduk didalamnya; jumlah simpai sama dengan jumlah pemain dikurangi satu.
2.    Para pemain menari disekitar simpai mengikuti alunan musik selama musik diputar (pemain tidak boleh menyentuk atau memasuki simpai); mereka harus mengelilingi seluruh simpai dan tidak boleh terus – menerus berada didekat salah satu simpai.
3.    Ketika musik berhenti, masing – masing pemain harus meloncat kedalam simpai lalu duduk. Pemain yang tidak mendapat simpai dikeluarkan.
4.    Kemudian pemimpin menyingkirkan salah satu simpai.
5.    Permaian terus dilakukan sampai hanya ada satu pemain yang duduk didalam simpai. Sang pemenang bertanggung jawab atas musik pada ronde berikutnya.
6.    Permainan berakhir ketika masing – masing pemain sudah mendapat giliran untuk memutar musik.

Sumber: Hanko, Johanne. 2012. 100 Permainan Edukatif untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Bhuana Ilmu Komputer

Demikian salah satu permaian edukatif bagi anak berkebutuhan khusus. Ada permainan edukatif yang lainnya juga lho.. namanya “Berapa Banyak Suara yang Kau Dengar”. Silahkan Cek disini!!

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net