Kamis, 10 Agustus 2017

KAU SEMAKIN DEKAT



Halo Semuanya ... disini saya akan berbagi ilmu bersama kamu semua mengenai permainan edukatif. Anak – anak suka bermain, dan permainan menjadi salah satu cara paling efisien bagi mereka untuk belajar. Namun, jika anak mengalami suatu jenis disabilitas, belajar dapat menjadi sesuatu yang lebih sulit serta membutuhkan lebih banyak waktu maupun latihan demi menyelesaikan tugasnya. Cara apa yang lebih baik untuk mengajari atau mendidik anak selain melalui permainan menarik, sederhana, dan yang telah diadaptasi secara khusus. Berikut permainan edukatif bagi anak berkebutuhan khusus.

Kau Semakin Dekat
Tujuan              : Mengembangkan kemampuan mendengar
Usia                 : Untuk semua usia
Pengecualian    : Dapat diadaptasi untuk Anak – anak berpendengaran lemah
Bahan              : Beragam alat musik, penutup mata
Sasaran           : Pendengaran, membedakan suara nyaring/pelan, sosialisasi

Cara Bermain:
1.    Salah satu pemain ditutup matanya sementara pemain lainnya duduk disekitar ruang aktivitas, masing – masing memegang satu alat musik.
2.    Si pemimpin menyebutkan nama salah satu pemain yang harus ditemukan oleh pemain yang ditutup matanya.
3.    Pemain yang ditutup matanya harus menemukan pemain satunya dengan mengikuti petunjuk suara. Dengan variasi intesitas suara alat musik, pemain yang ditutup matanya tahu dirinya semakin atau malah menjauh dari sasarannya (ketika menjauh, perdengarkan suara pelan; ketika mendekat, perdengarkan suara yang sangat keras).
4.    Ketika pemain sasaran ditemukan, mereka bertukan peran.
5.    Permainan berakhir ketika semua pemain sudah mendapat giliran ditutup matanya.

Catatan: Alat musik dengan titinada tinggi, seperti simbal kecil atau triangle, dan/ atau alat musik dengan titinada rendah, seperti drum, sering kali dapat didengar oleh anak – anak berpendengaran lemah.

Sumber: Hanko, Johanne. 2012. 100 Permainan Edukatif untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Bhuana Ilmu Komputer

Demikian salah satu permaian edukatif bagi anak berkebutuhan khusus. Ada permainan edukatif yang lainnya juga lho.. namanya “Rintangan Manusia”. Silahkan Cek disini!!

2 komentar:

  1. Wah, permainannya sangat menarik, cocok diaplikasikan untuk anak tunarungu. Terimakasih informasinya, akan saya cobakan pada murid saya, semoga bisa bermanfaat

    BalasHapus
  2. Wah, permainannya sangat menarik, cocok diaplikasikan untuk anak tunarungu. Terimakasih informasinya, akan saya cobakan pada murid saya, semoga bisa bermanfaat

    BalasHapus

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net