Rabu, 09 Agustus 2017

SI ANJING KECIL KEHILANGAN KALUNGNYA

Halo Semuanya ... disini saya akan berbagi ilmu bersama kamu semua mengenai permainan edukatif. Anak – anak suka bermain, dan permainan menjadi salah satu cara paling efisien bagi mereka untuk belajar. Namun, jika anak mengalami suatu jenis disabilitas, belajar dapat menjadi sesuatu yang lebih sulit serta membutuhkan lebih banyak waktu maupun latihan demi menyelesaikan tugasnya. Cara apa yang lebih baik untuk mengajari atau mendidik anak selain melalui permainan menarik, sederhana, dan yang telah diadaptasi secara khusus. Berikut permainan edukatif bagi anak berkebutuhan khusus.

Si Anjing Kecil Kehilangan Kalungnya
Tujuan              : Mengembangkan kemampuan mendengar
Usia                 : Untuk pemain berusia muda
Pengecualian    : Anak – anak berpendengaran rendah
Bahan              : Kalung anjing dengan bel, penutup mata
Sasaran           : Pendengaran, orientasi, sosialisasi

Cara Bermain:
1.    Kelompok duduk membentuk lingkaran besar.
2.    Salah satu pemain ditutup matamua di tengah lingkaran (ia menjadi si anjing kecil).
3.    Pemain lain berada diluar lingkaran sambil menggoyangkan bel yang ada dikalung, mendadak ia berhenti dan tanpa menimbulkan suara menyerahkan kalung itu kepada salah satu teman yang duduk dilingkaran tersebut.
4.    Sekarang, si pemain yang memegang kalung menggoyangkan belnya sambil tetap duduk dan pemimpin meminta si anjing kecil untuk mencari kalungnya.
5.    Ketika si anjing kecil menemukan kalungnya, ia bertukar tempat dengan pemain tersebut.
6.    Permainan berakhir ketika semua pemain sudah mendapat giliran menjadi si anjing kecil.

Sumber: Hanko, Johanne. 2012. 100 Permainan Edukatif untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Bhuana Ilmu Komputer

Demikian salah satu permaian edukatif bagi anak berkebutuhan khusus. Ada permainan edukatif yang lainnya juga lho.. namanya "Kau Semakin Dekat". Silahkan Cek disini!!


0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net