Selasa, 27 September 2016

CARA MEMBERIKAN PENILAIAN KEPADA SISWA AUTIS


Jika beberapa prinsip dan teknik belajar dikelas sudah diterapkan maka guru juga harus melakukan penilaian. Adapun parameter penilaian bagi pembelajaran anak autis secara sederhana dapat dillihat pada tabel berikut ini.
No
Evaluasi
A
B
C
Kemampuan Akademik
1
Berhitung 1 – 10 atau 1 – 20, baik dengan atau tanpa papan, irama dan ketukan wajar, maju dan mundur



2
Mampu mengidentifikasi dan menulis angka



3
Mengenal semua bentuk dengan cepat



4
Mengenal warna dengan cepat



5
Mampu mengenal semua bentuk huruf dengan cepat



6
Mampu mendeskripsikan suatu topik tunggal/sederhana



7
Mampu menggambar sederhana



8
Mamapu mengingat 2 – 3 digit, membedakan benda sejenis



9
Mampu memilih objek dan gambar yang hampir sama



10
Mampu mengenali simbol – simbol yang sederhana



11
Bahasa yang dipakai siswa dapat anda mengerti atau sebaliknya



Kemampuan Berkomunikasi
1
Kemampuan dasar berinisiatif



2
Mampu mengekspresikan kebutuhan – kebutuhan dasar siswa



3
Menyatakan “ya” atau “tidak”  yang berhubungan dengan pribadi siswa



4
Kemampuan memilih



Pelaksanaan Aktivitas Sehari - hari
1
Toilet training



2
Makan dengan sendok dan garpu



3
Mampu memakai celana, jaket, baju, dan sepatu tanpa bantuan



4
Mengancingkan baju



5
Merawat dan memerhatikan barang sendiri



6
Mandi dan menggosok gigi



Keterangan:
A : mampu atau mandiri atau excellent
B : diarahkan atau dibantu secara minimal
C : dibantu secara penuh

Jika anak autis menguasai keterampilan dengan ketentuan sebagai berikut:
a.       A = 25 < 34, termasuk anak dengan autisme ringan atau mild (high function).
b.      A = 15 < 24, termasuk anak dengan autisme sedang (severed), serta
c.       A < 15, termasuk anak dengan autisme berat (low function).
Melalui parameter tersebut, guru akan mampu mengidentifikasi siswanya lebih akurat. Guru tidak akan menitikberatkan pada berat dan ringan kondisi siswa, tetapi penilaian dilakukan dengan maksud memudahkan pihak – pihak yang bersangkutan dan orang tua agar mengetahui hal – hal yang harus dilakukan. Bagi guru, penilaian berbguna untuk menyususn program secara akurat untuk siswa. Adapun bagi lembaga, penilaian dapat dijadikan alat menyeleksi siswa sesuai kapasitas dan kebutuhan. Anak autis seperti asperger, ADHD, dan ADD, masih mungkin berintergrasi secara penuh dengan anak – anak normal. Sebab, biasanya anak dengan autisme ringan memiliki kecerdasan dan kemampuan yang cukup baik.

1 komentar:

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net