Jika
beberapa prinsip dan teknik belajar dikelas sudah diterapkan maka guru juga
harus melakukan penilaian. Adapun parameter penilaian bagi pembelajaran anak
autis secara sederhana dapat dillihat pada tabel berikut ini.
No
|
Evaluasi
|
A
|
B
|
C
|
Kemampuan
Akademik
|
||||
1
|
Berhitung 1 – 10 atau 1 – 20, baik dengan
atau tanpa papan, irama dan ketukan wajar, maju dan mundur
|
|
|
|
2
|
Mampu mengidentifikasi dan menulis
angka
|
|
|
|
3
|
Mengenal semua bentuk dengan cepat
|
|
|
|
4
|
Mengenal warna dengan cepat
|
|
|
|
5
|
Mampu mengenal semua bentuk huruf
dengan cepat
|
|
|
|
6
|
Mampu mendeskripsikan suatu topik
tunggal/sederhana
|
|
|
|
7
|
Mampu menggambar sederhana
|
|
|
|
8
|
Mamapu mengingat 2 – 3 digit,
membedakan benda sejenis
|
|
|
|
9
|
Mampu memilih objek dan gambar yang
hampir sama
|
|
|
|
10
|
Mampu mengenali simbol – simbol yang
sederhana
|
|
|
|
11
|
Bahasa yang dipakai siswa dapat anda
mengerti atau sebaliknya
|
|
|
|
Kemampuan
Berkomunikasi
|
||||
1
|
Kemampuan dasar berinisiatif
|
|
|
|
2
|
Mampu mengekspresikan kebutuhan –
kebutuhan dasar siswa
|
|
|
|
3
|
Menyatakan “ya” atau “tidak” yang berhubungan dengan pribadi siswa
|
|
|
|
4
|
Kemampuan memilih
|
|
|
|
Pelaksanaan
Aktivitas Sehari - hari
|
||||
1
|
Toilet training
|
|
|
|
2
|
Makan dengan sendok dan garpu
|
|
|
|
3
|
Mampu memakai celana, jaket, baju, dan
sepatu tanpa bantuan
|
|
|
|
4
|
Mengancingkan baju
|
|
|
|
5
|
Merawat dan memerhatikan barang sendiri
|
|
|
|
6
|
Mandi dan menggosok gigi
|
|
|
|
Keterangan:
A : mampu atau mandiri atau excellent
B : diarahkan atau dibantu secara
minimal
C : dibantu secara penuh
Jika anak autis menguasai keterampilan
dengan ketentuan sebagai berikut:
a.
A = 25 < 34, termasuk anak dengan
autisme ringan atau mild (high function).
b.
A = 15 < 24, termasuk anak dengan
autisme sedang (severed), serta
c.
A < 15, termasuk anak dengan autisme
berat (low function).
Melalui parameter
tersebut, guru akan mampu mengidentifikasi siswanya lebih akurat. Guru tidak
akan menitikberatkan pada berat dan ringan kondisi siswa, tetapi penilaian
dilakukan dengan maksud memudahkan pihak – pihak yang bersangkutan dan orang
tua agar mengetahui hal – hal yang harus dilakukan. Bagi guru, penilaian
berbguna untuk menyususn program secara akurat untuk siswa. Adapun bagi
lembaga, penilaian dapat dijadikan alat menyeleksi siswa sesuai kapasitas dan
kebutuhan. Anak autis seperti asperger, ADHD, dan ADD, masih mungkin
berintergrasi secara penuh dengan anak – anak normal. Sebab, biasanya anak
dengan autisme ringan memiliki kecerdasan dan kemampuan yang cukup baik.
Makasih
BalasHapus