Jumat, 26 Agustus 2016

AAID atau Program Pembelajaran Individual

Menurut Herbert Grossman definisi AAIDD yaitu fungsi intelektual umum di bawah rata –rata secara signifikan (< 70), mengalami gangguan dalam perilaku adaptif dan terjadi selama periode perkembangan.
Definisi AAIDD 2002
Definisi AA1DD dirumuskan oleh Luckasson et al. pada tahun 2002 mewakili upaya lain dalam pemahaman kita berkembang dalam ketidakmampuan intelektual

Tabel 5.1 2002 AAIDD Kemampuan Adaptif
Area kemampuan
Contoh tingkah laku
konseptual
·         Bahasa (reseptif dan ekspresif)
·         Baca dan tulis
·         Konsep uang
·         Konsep diri
sosial
·         Interpersonal
·         Tanggung jawab
·         Harga diri
·         Menipu (perilaku memanipulasi)
·         N
·         Mengikuti aturan
·         Mematuhi hokum
·         Menolak kekerasan
praktek
·         Aktifitas sehari-hari
-          Makan
-          Pegerakan/mobilitas
-          Toileting
-          Memakai baju
·         Instrumen aktifitas sehari-hari
-          Menyiapkan makan
-          Membersihkan rumah
-          Bertransportasi
-          Pergi ke medical
-          Mengatur uang
-          Menggunakan telepon
·         Kemampuan kerja
·         Menjaga keamanan lingkungan

Pilihan Pemrograman pendidikan
Anak-anak dengan keterbelakangan mental mewakili populasi heterogen terutama peserta didik dengan berbagai keterampilan dan kemampuan. Kurikulum dirancang untuk murid ini harus individual , fungsional , dan komprehensif ( Beirne - Smith et al . , 2006).

Tabel 5.5 Perwakilan Belajar dan Karakteristik Perilaku Siswa Dengan Kecacatan Intelektual
Dimensi
Atribut Asosiasi dan Fitur
Perhatian
·         Ketidakmampuan untuk menghadiri fitur penting atau relevan dari tugas
·         Hilangnya rentang perhatian
·         Kesulitan mengabaikan rangsangan yang mengganggu


Ingatan
·         Defisit dalam memori berkorelasi dengan keparahan cacat intelektual
·         Keterbatasan dalam kemampuan untuk memproses dan menyimpan informasi secara selektif
·         strategi latihan yang tidak efisien
·         Kesulitan dengan jangka pendek ( bekerja ) memori adalah umum - mengingat arah secara berurutan disajikan detik sebelumnya
·         Pengambilan jangka panjang ( mengingat nomor telepon ) adalah sama dengan rekan-rekan tanpa keterbelakangan mental

Motivasi
·         Sejarah dan harapan umum untuk kegagalan - ketidakberdayaan yang dipelajari - usaha yang tidak dihargai ; kegagalan tidak bisa dihindari
·         Bukti locus of control eksternal - kepercayaan bahwa hasil dari perilaku adalah hasil dari keadaan ( nasib , kesempatan ) di luar kendali pribadi daripada usaha sendiri
·         Bukti luar - directedness , hilangnya kepercayaan dan ketidakpercayaan kemampuan sendiri , ketergantungan pada orang lain untuk isyarat dan bimbingan
Generalisai
·         Kesulitan menerapkan pengetahuan atau keterampilan untuk tugas-tugas baru , situasi , atau pengaturan
·         Masalah dalam menggunakan pengalaman sebelumnya dalam situasi baru
·         Guru harus secara eksplisit merencanakan generalisasi ; biasanya tidak secara otomatis terjadi
Pengembangan bahasa
·         Ikuti urutan yang sama dari penguasaan bahasa sebagai individu yang khas , meskipun pada kecepatan yang lebih lambat
·         korelasi yang kuat antara kemampuan intelektual dan bahasa pengembangan - semakin tinggi IQ , semakin sedikit meresap kesulitan bahasa
·         Gangguan Speech ( kesalahan artikulasi , gagap ) lebih umum daripada rekan-rekan tanpa cacat intelektual
·         Kosakata sering terbatas
·         struktur gramatikal dan kompleksitas kalimat yang sering terganggu

Pengembangan akademik
·         Umumnya menunjukkan kesulitan dalam semua bidang akademik dengan membaca menjadi yang terlemah
·         Pemecahan masalah kesulitan dalam aritmatika
Pengembangan sosial
·         Biasanya kurang dalam kompetensi sosial
·         Penolakan oleh rekan-rekan dan teman sekelas adalah keterampilan interpersonal common- miskin
·         Sering menunjukkan secara sosial tidak tepat atau belum menghasilkan perilaku - kesulitan membangun dan mempertahankan persahabatan
·         Hilangnya harga diri ditambah dengan konsep diri rendah




1 komentar:

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net