Menurut Herbert
Grossman definisi AAIDD yaitu
fungsi intelektual umum di bawah rata –rata secara signifikan (< 70),
mengalami gangguan dalam perilaku adaptif dan terjadi selama periode
perkembangan.
Definisi AAIDD
2002
Definisi AA1DD
dirumuskan oleh Luckasson et al. pada tahun 2002 mewakili upaya lain dalam pemahaman kita
berkembang dalam ketidakmampuan intelektual
Tabel 5.1 2002 AAIDD Kemampuan Adaptif
|
|
Area kemampuan
|
Contoh tingkah laku
|
konseptual
|
·
Bahasa (reseptif dan
ekspresif)
·
Baca dan tulis
·
Konsep uang
·
Konsep diri
|
sosial
|
·
Interpersonal
·
Tanggung jawab
·
Harga diri
·
Menipu (perilaku
memanipulasi)
·
N
·
Mengikuti aturan
·
Mematuhi hokum
·
Menolak kekerasan
|
praktek
|
·
Aktifitas sehari-hari
-
Makan
-
Pegerakan/mobilitas
-
Toileting
-
Memakai baju
·
Instrumen aktifitas sehari-hari
-
Menyiapkan makan
-
Membersihkan rumah
-
Bertransportasi
-
Pergi ke medical
-
Mengatur uang
-
Menggunakan telepon
·
Kemampuan kerja
·
Menjaga keamanan
lingkungan
|
Pilihan Pemrograman pendidikan
Anak-anak dengan keterbelakangan mental
mewakili populasi heterogen terutama peserta didik dengan berbagai keterampilan
dan kemampuan. Kurikulum dirancang untuk murid ini harus individual ,
fungsional , dan komprehensif ( Beirne - Smith et al . , 2006).
Tabel
5.5 Perwakilan Belajar dan Karakteristik Perilaku Siswa Dengan Kecacatan
Intelektual
Dimensi
|
Atribut
Asosiasi dan Fitur
|
Perhatian
|
·
Ketidakmampuan untuk menghadiri fitur penting atau
relevan dari tugas
·
Hilangnya rentang perhatian
·
Kesulitan mengabaikan rangsangan yang mengganggu
|
Ingatan
|
·
Defisit dalam memori berkorelasi dengan keparahan cacat
intelektual
·
Keterbatasan dalam kemampuan untuk memproses dan
menyimpan informasi secara selektif
·
strategi latihan yang tidak efisien
·
Kesulitan dengan jangka pendek ( bekerja ) memori
adalah umum - mengingat arah secara berurutan disajikan detik sebelumnya
·
Pengambilan jangka panjang ( mengingat nomor telepon )
adalah sama dengan rekan-rekan tanpa keterbelakangan mental
|
Motivasi
|
·
Sejarah dan harapan umum untuk kegagalan -
ketidakberdayaan yang dipelajari - usaha yang tidak dihargai ; kegagalan
tidak bisa dihindari
·
Bukti locus of control eksternal - kepercayaan bahwa
hasil dari perilaku adalah hasil dari keadaan ( nasib , kesempatan ) di luar
kendali pribadi daripada usaha sendiri
·
Bukti luar - directedness , hilangnya kepercayaan dan
ketidakpercayaan kemampuan sendiri , ketergantungan pada orang lain untuk
isyarat dan bimbingan
|
Generalisai
|
·
Kesulitan menerapkan pengetahuan atau keterampilan
untuk tugas-tugas baru , situasi , atau pengaturan
·
Masalah dalam menggunakan pengalaman sebelumnya dalam
situasi baru
·
Guru harus secara eksplisit merencanakan generalisasi ;
biasanya tidak secara otomatis terjadi
|
Pengembangan
bahasa
|
·
Ikuti urutan yang sama dari penguasaan bahasa sebagai
individu yang khas , meskipun pada kecepatan yang lebih lambat
·
korelasi yang kuat antara kemampuan intelektual dan
bahasa pengembangan - semakin tinggi IQ , semakin sedikit meresap kesulitan
bahasa
·
Gangguan Speech ( kesalahan artikulasi , gagap ) lebih
umum daripada rekan-rekan tanpa cacat intelektual
·
Kosakata sering terbatas
·
struktur gramatikal dan kompleksitas kalimat yang
sering terganggu
|
Pengembangan akademik
|
·
Umumnya menunjukkan kesulitan dalam semua bidang
akademik dengan membaca menjadi yang terlemah
·
Pemecahan masalah kesulitan dalam aritmatika
|
Pengembangan
sosial
|
·
Biasanya kurang dalam kompetensi sosial
·
Penolakan oleh rekan-rekan dan teman sekelas adalah
keterampilan interpersonal common- miskin
·
Sering menunjukkan secara sosial tidak tepat atau belum
menghasilkan perilaku - kesulitan membangun dan mempertahankan persahabatan
·
Hilangnya harga diri ditambah dengan konsep diri rendah
|
Terima kasih share materinya saat bermanfaat ....:)
BalasHapus